Menulis Laporan Bisnis dan Dapatkan Kepercayaan

By | June 23, 2020

Menulis laporan bisnis bisa sangat menyusahkan, apalagi, bagi mereka yang tidak pernah menulis laporan semacam itu. Ada berbagai laporan bisnis tergantung pada tujuan laporan ditulis, panjang laporan, dan juga format laporan. Itulah sebabnya Anda akan memerlukan beberapa kursus menulis sebelum Anda memasuki sebuah perusahaan, apalagi, perusahaan bisnis besar yang akan meminta Anda untuk sering menulis laporan. Karena laporan bisnis sangat beragam, Anda harus berhati-hati ketika mencoba menulis laporan. Anda dapat meminta atasan Anda untuk perincian yang jelas tentang tujuan dan format laporan sebelum Anda membuat laporan. Ini akan membantu Anda untuk membuat yang benar.

Fungsi Laporan Bisnis
Seperti yang dikatakan sebelumnya, laporan bisnis dapat berbeda dari fungsinya. Laporan bisnis dapat berfungsi untuk melaporkan laporan penjualan bulanan, untuk melaporkan masalah spesifik perusahaan. Beberapa laporan bisnis juga ditulis untuk memenuhi permintaan dari pemerintah untuk menunjukkan pemenuhan perusahaan dengan peraturan, kemajuan perusahaan, dan potensi perusahaan. Karena fungsi laporan, format laporan mungkin juga berbeda satu sama lain.

Format Laporan
Format laporan mungkin berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Namun, ini adalah bentuk umum yang digunakan sebagai laporan bisnis untuk sebagian besar perusahaan. Laporan bisnis akan memiliki halaman judul yang berisi judul laporan, nama Anda, dan tanggal pengiriman laporan. Setelah halaman judul, laporan akan memiliki ringkasan eksekutif, yang berisi ikhtisar materi pelajaran dan metode yang digunakan. Maka laporan akan memiliki daftar isi, perkenalan, isi, dan kesimpulan. Badan laporan berisi dengan metode analisis data dan laporan serta diskusi temuan.

Baca juga: Kursus Menulis Online Meningkatkan Keterampilan Menulis Secara Online

Format laporan bisnis mungkin berbeda tergantung pada tujuan laporan. Dengan demikian, Anda harus berhati-hati saat menulis laporan bisnis. Anda harus mempertimbangkan siapa yang akan membaca laporan, apakah direktur perusahaan atau pemerintah yang mempelajari perusahaan tempat Anda bekerja. Selain itu, pastikan apa tujuan laporan bisnis Anda, apakah untuk melaporkan evaluasi perusahaan manufaktur, atau penelitian tentang produk baru yang akan dikembangkan perusahaan Anda.

Laporan bisnis harus ditulis dengan cara yang paling jelas sehingga orang yang membacanya, apakah rekan kerja Anda, bos Anda, atau bahkan pemerintah akan dengan mudah memahami isi laporan yang Anda tulis. Mirip dengan jenis laporan lainnya, laporan bisnis harus diberi tahu dalam bahasa yang sederhana, formal, dan maju yang tidak akan menimbulkan ambiguitas. Beberapa ambiguitas yang muncul dalam laporan dapat membuat laporan Anda membingungkan pembaca, apalagi, jika laporan Anda ditulis kepada klien. Ini dapat menyebabkan klien Anda membatalkan untuk membuat perjanjian dengan perusahaan Anda.

Dalam hal ini, perusahaan Anda mungkin mengalami kerugian karena ketidakjelasan dalam laporan bisnis Anda. Itu sebabnya Anda harus berhati-hati ketika menulis laporan bisnis. Ketika Anda menulis beberapa laporan bisnis, Anda juga harus meletakkan beberapa referensi. Selain menawarkan beberapa rekomendasi, Anda juga harus menaruh beberapa referensi untuk meyakinkan pembaca Anda tentang isi laporan Anda. Begitulah cara Anda menulis laporan bisnis dan mendapatkan kepercayaan untuk rekan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *