Ini Dia Perbedaan Cincin Emas Muda dengan Emas Tua

By | July 19, 2020

Sebuah toko perhiasan emas akan menjual berbagai jenis emas dengan berbagai tingkatan karat. Mulai dari emas muda hingga emas tua. Namun, bagi beberapa oknum nakal ada beberapa emas muda yang justru diklaim bahwa itu merupakan emas tua.

Sebagai orang yang terbiasa membeli emas, tentu tidak akan mudah untuk ditipu dengan hal seperti itu. Namun, bagi mereka orang awam yang jarang membeli emas, atau bahkan baru membeli emas bisa ditipu dengan mudah oleh toko perhiasan yang nakal atau curang.

Untuk itu, jika Anda merupakan orang awam tersebut sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu beberapa perbedaan yang dimiliki oleh emas muda dan emas tua. Supaya ketika membeli cincin nanti tidak tertipu oleh toko emas yang curang.

Pasalnya, harga jual emas muda dan emas tua itu beda. Harga cincin emas muda cenderung dijual dengan harga yang lebih murah dibanding dengan cincin emas tua. Sehingga jangan sampai Anda membayar harga emas tua padahal cincin yang Anda beli adalah emas muda.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus lebih cerdik dengan mengetahui ciri khas dan perbedaan cincin emas muda dengan emas tua di bawah ini. Dengan mengetahuinya, Anda tidak akan bisa dibodoh-bodohi oleh toko perhiasan yang hanya ingin menipu Anda.

14. Ini Dia Perbedaan Cincin Emas Muda dengan Emas Tua

Pengertian Emas Muda dan Emas Tua

Sebenarnya perbedaan cincin emas muda dan emas tua hanyalah pada kadar emas yang digunakan dalam pembentukan cincin tersebut. Cincin emas muda dibentuk oleh emas muda yang mana tingkat karatnya lebih rendah dibanding emas muda. Emas muda sendiri merupakan emas yang kemurniannya hanya sampai 40% saja.

Sedangkan emas tua, merupakan emas yang tingkat kemurniannya di atas 40%. Dari pengertiannya saja kita bisa langsung tahu perbedaan dari keduanya. Tingkat kemurnian atau tingkat karat ini akan mempengaruhi harga jual cincin tersebut di toko perhiasan emas.

Dari pengertiannya saja, kita bisa tahu bahwa cincin emas muda dan cincin emas tua perbedaannya terletak dari jumlah karat yang dimilikinya. Yang mana, jumlah karat tersebut akan mempengaruhi nilai beli ketika Anda memutuskan akan membelinya di sebuah toko emas.

Lebih Bagus Emas Muda atau Emas Tua?

Setelah mengetahui perbedaan cincin emas muda dan emas tua di atas, pasti Anda bertanya apakah lebih bagus emas muda atau emas muda? Sebenarnya tidak selamanya emas yang memiliki karat lebih tinggi akan lebih bagus untuk dijadikan cincin.

Sebab, emas yang memiliki karat terlalu tinggi akan lebih sulit dibentuk karena terlalu lunak. Justru jumlah karat yang lebih rendah bisa menjadi pilihan terbaik untuk membuat sebuah cincin emas. Karena cincin emas akan lebih keras dan mudah dibentuk.

Jadi, Anda tidak perlu memakai cincin 24 karat agar bisa terlihat bagus. Dengan 18 karat saja itu sudah sangat ideal dalam pembuatan cincin emas. Karena, ketika dipakai perbedaan cincin emas muda dan emas tua akan tetap sama cantiknya.

Cantik atau tidak sebuah cincin di jari Anda, tergantung pada sesuai atau tidaknya bentuk cincin tersebut. Pada dasarnya cincin emas muda atau emas tua pun jika bentuknya kurang sesuai dengan jari Anda, tetap akan terlihat kurang menarik saat dipakai.

Jika Anda ingin cincin yang terkesan lebih mahal dan mewah Anda bisa memilih cincin emas tua dengan jumlah karat yang tidak terlalu tinggi. Namun jika Anda ingin cincin emas yang awet dan tidak mudah penyok, Anda bisa membeli emas muda di toko perhiasan emas terpercaya dan semua itu tergantung dengan keinginan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *