Formula Drifting di Jepang

By | February 1, 2021

Drifting profesional pertama kali secara resmi dibuat di Amerika Serikat pada tahun 2003, meskipun kadang-kadang dikatakan 2004. Kejuaraan Drifting Formula dibuat oleh Formula Drift, Inc. Cek Mobil Listrik. Meskipun drifting profesional masih dianggap sebagai olahraga baru di Amerika Serikat, itu bukanlah hal baru di Jepang. Faktanya, drifting selalu populer di Jepang, seperti di Amerika Serikat, jauh sebelum seri profesional dikembangkan. Di Jepang, seri profesional itu dikenal sebagai D1 Grand Prix.

Grand Prix D1, juga biasa disebut sebagai Professional Drift atau D1GP, didirikan pada tahun 2000. Ia memiliki salah satu organisasi drifting profesional pertama di seluruh dunia. Faktanya, perkembangan awalnya telah membuatnya dikenal sebagai salah satu organisasi drifting yang paling terkenal, paling populer, dan paling tepercaya dari semua organisasi drifting. Dikatakan bahwa semua organisasi atau seri drifting profesional lainnya beralih ke D1 Grand Prix untuk panduan dan informasi lebih lanjut tentang olahraga tersebut.

Grand Prix D1 yang begitu populer di Jepang membuat popularitas drifting melejit. Faktanya, banyak sekali penggemar yang ingin menjadi drifter. Sayangnya, persaingan di Grand Prix D1 adalah pengeluaran yang tidak mampu ditanggung oleh banyak orang. Itulah mengapa D1 Street Legal, juga biasa dikenal sebagai D1SL, dibuat. Berbeda dengan D1 Grand Prix yang memiliki banyak aturan dan regulasi, seri D1 Street Legal yang dibuat pada tahun 2005 memungkinkan penggunaan mobil jalanan tradisional, atau kendaraan jalan raya. Ini hanya meningkatkan popularitas dan daya tarik drifting di Jepang, serta di wilayah lain di dunia.

Grand Prix D1 diciptakan sebagai seri drifting Jepang; namun, ia kemudian akan meninggalkan Jepang. Meskipun sebagian besar acara masih berlangsung di Jepang, sejumlah besar acara telah diselenggarakan di luar negeri. Beberapa dari acara ini diselenggarakan di Amerika Serikat. Padahal, saat Grand Prix D1 datang ke Amerika Serikat, untuk pertama kalinya, mereka mengunjungi Irwindale Speedway, California. Sudah lama dikatakan bahwa event inilah yang membantu memicu perkembangan seri drifting profesional di Amerika Serikat. Selain Kejuaraan Formula Drift, D1 Grand Prix USA juga ada; namun, ini dijalankan secara global. Artinya tidak semua kompetisi berlangsung di Amerika Serikat.

Selain menuju Amerika Serikat, Grand Prix D1 juga memasuki Eropa. Hal ini baru saja terjadi pada tahun 2005. Meskipun olahraga drifting hanya menjadi profesional dalam waktu yang singkat di Eropa, ternyata hal itu sama populernya. Kipas angin untuk acara D1 Grand Prix pertama di Eropa ternyata lebih besar dari yang semula diantisipasi. Itulah salah satu musim mengapa Seri D1 Grand Prix juga dikembangkan di Eropa, seperti di Amerika Serikat.

Seperti disebutkan sebelumnya, drifting sudah ada di Amerika Serikat sebelum Kejuaraan Formula Drift profesional didirikan. Namun, pembentukan seri kejuaraan ini tidak hanya membuat olahraga ini semakin populer, tetapi juga lebih menyenangkan. Terlepas dari kenyataan bahwa drifting sudah ada di Amerika Serikat, ada kemungkinan besar bahwa tanpa pengaruh D1 Grand Prix, drifting profesional mungkin masih belum ada hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *